Review Si Pio dengan Oli Mesin Enduro 4T Racing dan Busi NGK Platinum D8EVX

, , ,

Si Pio pas mau diajak mudik

Sudah beberapa lama ga ngoprek si pio. Beberapa waktu yg lalu pingin nyoba busi platinum, eh ternyata NGK dengan kode DPR8EGP-9 susah dicari, trus kepikiran nyoba yang VX, DP8EVX juga susah, adanya D8EVX. ya dah coba ini aja. Menurut beberapa komentar di blog-blog dan forum, ketiadaan kode “P” alias insulatornya mblesek gan nongol seperti yng ada kode “P” nya menyebabkan mesin ga stabil alias ndut-ndut an.. tapi yo wis gpp, coba dulu. Busi ini saya tebus harga 32rb di bengkel mobil 😀

Si Busi VX dan Busi Standard

Pertama coba busi VX dan Oli Mesin masih pake Yamalube 20W-40. Saya ga begitu pandai  soal analisa mesin tapi yang dirasakan adalah RPM ga stabil, waktu langsam, jarum RPM naik turun yang kasat mata. Waktu jalan juga pas RPM rendah, memang terasa ndut-ndutannya, cuman pas RPM diatas 3000 ga terasa. BBM (Pertamax) saya merasakan sedikit lebih irit tapi mungkin ga signifinikan (krn blm di test, cuman mengandalkan feeling). Mesin mudah di starter di pagi hari, and sepertinya mesin cepet panas. Saya coba buat muter2 kota Solo pas siang hari dan macet, wah ga enak blas.. panas.. trus tenaga ngendur. Mungkin mang pasnya klo pake busi ini buat bertouring ria yang jarang berhentinya (pas dipake mudik ke Ngawi .rasanya josss dan mesin ga begitu getar spt pake busi standard) 😀 Sejenak kembali ke Busi Standard untuk penggunaan dalam kota, si VX disimpen dulu di bagasi buat cadangan.

Hari berikutnya, kepikiran buat coba oli mesin Pertamina Enduroi 4t Racing. Menurut adik saya Ki Salim, oli ini termasuk bagus dan saya baca juga di banyak blog dan forum banyak komentar bagus soal oli ini di scorpio. Meski awalnya ragu, coz visikotas 10w-40, beda dengan standard pio yang 20w-40, akhrinya nekat coba-coba.. ben lah… klo ga nyoba ga tahu.. 😀 😀 😀 maka ditebuslah 2 botol Pertamina Enduro 4T Racing @ Rp42.000 di bengkel langganan deket rumah.

Si Enduro 4T Racing

Soal speknya, dah banyak yang ngulas. Saya sebagai rider awam langsung testimoni aja.. hehe… Ganti pas H-2 Lebaran kemarin. Rencana buat mudik 😀 😀 Dicoba dan di test. Tarikan lebih enteng (jelas lha wong lebih encer). Meraih RPM 8000 gampang banget. Aroma wangi tercium .. wahh seger… tapi memang ga pekat banget.. tetep aja wangi nya ya wangi oli.. wkwk… Pulang dari pondok mertua indah di Ngawai, si busi VX dicoba pasang lagi.. dah wushhhhhhhhh.. jan penak tenan.. ga seperti yang sebelumnya. Sebabnya apa, ya embuh,,,, biar para punggawa motor yg jawab soal teknisnya.. 😀 😀

Kemarin, setelah kira-kira 350-an km setelah ganti oli ini dan pake busi VX, gelaja ndut-ndut-an dan RPM ga stabil blm ditemui. Cukup bertenaga, tetep panas tapi ga sepanas sebelumnya. Cuman pas pagi hari, pas pertama kali mesin dinyalakan ada asap biru tipis yg lama-lama hilang sendiri… waduh.. normal ga ni ya ? … moga-moga aman.. dan satu lagi, kemarin saya coba bejek, gigi 2 meraih RPM 9000-an enteng banget….

Soal Top Speed ga di test, soalnya saya bukan termasuk speedfreak, yang penting buat angkut-angkuat penumpang yang segede gaban lancar… hehehe

3 replies
  1. hoho says:

    emang betul mas, gak gampang panas,enteng, tp saya ngerasain 2 kali penggantian oli, kopling saya jadi keras, pindah gigi keras, akhirnya konsultasi ke temen2 yang udah lama pake pio disuruh ganti yg enduro bisa, dan hasilnya sekarang udah gak keras lagi, pio saya umur 15 bulan, menurut mekanik kampas koplingnya juga masih aman.

    Reply
    • Khoirul Imamudin says:

      mungkin terlalu encer kali ya .. soalnya speknya kan 10w-40, ni saya juga udah pake 2x… dan beberapa ratus km lagi waktunya ganti olie… saya juga sempat kepikiran buat ganti ke enduro yang biasa yg 20w… klo kopling & ganti gigi keras sptnya saya blm menemui (coz pio saya mungkin krn br 9 bulan).. dari bengkel langganan kasih saran suruh coba pake repsol sintetico, tp blm sempat tak coba hehehe

      Reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] 3 (tiga) kali mencicipi Pertamina Enduro 4T Racing, pingin nyobain “darah” lain buat si pio. Pinginnya sih Motul Ester 5100, tapi selain […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.